BROMTIMOL BIRU PDF

Alat dan Bahan Alat: pisau lumpang tumbukan pipet plat tetes Larutan pH 1 – 12 Metil orange Metil merah Bromtimol biru Phenolphthalein Indikator universal. Suatu indikator universal biasanya terdiri dari air, 1-propanol, garam natrium fenolftalein, natrium hidroksida, metil merah, garam mononatrium bromotimol biru. Penentuan pH air Indikator metil orange Indikator brom timol biru Indikator fenolftalein. Image of page 1. Info icon This preview has intentionally blurred sections.

Author: Tygorisar Vokus
Country: Sierra Leone
Language: English (Spanish)
Genre: Business
Published (Last): 27 July 2010
Pages: 437
PDF File Size: 1.55 Mb
ePub File Size: 10.72 Mb
ISBN: 278-3-82330-928-2
Downloads: 89831
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Goltigar

Indikator universal

Rebus selama 10 menit. Pada medium laktosa cair, warna akhir Escherichia coli adalah kuning dan terbentuk gas sehingga menunjukkan hasil positif, sedangkan pada Bacillus subtilis tidak terjadi perubahan warna sehingga hasilnya negatif.

Dari hasil tersebut dapat diketahui juga kedua bakteri tersebut mempunyai enzim sukrose yang mampu menghidrolisis sukrosa menjadi monosakarida yaitu glukosa dan fruktosa.

Help me to find this trayek ph asam basa pdf. Bakteri tersangka Salmonella sp uji citrat negatif, uji motilitas brontimol uji urease negatif. Pada suhu rendah, media gelatin akan memadat sedangkan pada suhu kamar gelatin berwujud cair. Metil jingga Larutan metil jingga dapat membedakan antara larutan asam dengan larutan netral.

Perubahan warna diamati, pati yang terhidrolisis bakteri akan membentuk warna jernih ketika diberi iodium. Hasil positif dari aktivitas katalase positif ditandai dengan adanya gelembung gas O2. Hasil positif ditandai dengan adanya warna kuning dan munculnya gas CO2. Larutan iod dalam uji ini menjadi indikator adanya hidrolisa pati. Uji kasein bertujuan untuk mendeteksi adanya pembentukan asam bakteri yang disebabkan oleh aktivitas bakteri yang bersifat mesofilik. Halaman ini terakhir diubah pada 24 Novemberpukul Lihat Ketentuan Penggunaan untuk lebih jelasnya.

Meeting 5. Acid-Base Titration

Uji Penggunaan sitrat Uji ini bertujuan untuk mengatahui penggunaan sitrat oleh bakteri sebagai salah satu sumber karbon yang digunakan untuk kebutuhan energi. Enzim katalase pada bakteri dapat dideteksi dengan penambahan substrat H2O2.

  GIGABYTE GA-G33M-DS2R MANUAL PDF

Aktivtas enzim protiolitik akan memecah protein dan merusak stabilitas kasein. Di brimtimol ini yang bukan peralatan untuk titrasiadalah.

Uji katalase dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya enzim katalase pada bakteri. Coli dapat memberikan hasil pengujian positif karena dapat menurunkan pengujian positif dan dapat menurunkan pH sampai di bawah 4,5.

Saring vromtimol gelas kimia. Meskipun secara komersial tersedia beeberapa indikator universal, sebagian besar variasi formula dipatenkan oleh Yamada pada tahun Terjadinya warna biru violet dalam waktu 10 detik, berarti tes positif. Bakteri Eschericia coli dan Bacillus subtilis positif pada uji hidrolisa lemak yang ditandai dengan perubahan warna menjadi hijau mengkilat.

Uji biokimia selanjutnya adalah uji kemampuan bakteri dalam menghidrolisis pati. Untuk terhidrolisanya kasein dengan mengamati perubahan media disekitar koloni bakteri menjadi jernih uji positif atau tetap buram uji negatif. Parameter yang menunjukkan uji ini positif adalah perubahan warna menjadi merah pada biakan E. Dengan enzim katalase, H2O2 diurai dengan reaksi sebagai berikut. Birk yang digunakan dalam percobaan ini adalah Eschericia coli dan Bacillus subtilis, serta pada uji katalase juga ditambahkan satu sampel bakteri Proteus sp.

Biarkan air kol merah menjadi dingin. Bakteri yang memfermentasi laktosa dengan lambat tidak dapat mencegah peptonisasi Sale, Uji ini dilakukan pada media khusus yang disebut media MR-VP.

Gerus dalam lumpang sampai halus. Who could help me? Diperoleh dari ” https: Pada bromtijol dan hasil pengamatan menunjukan bahwa Bacillus subtilis dan Eschericia coli positif terhidrolisanya kasein karena disekitar koloni bakteri menjadi jernih.

Secara kimia, kita dapat mendefinisikan asam sebagai senyawa yang menghasilkan ion hidrogen ketika larut dalam pelarut biasanya air. Kelompok bakteri yang dapat ditemukan di saluran usus manusia dan mamalia yang lebih rendah diklasifikasikan sebagai anggota family Enterobacteriaeae.

Sumber: Silberberg, Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change

Bakteri katalase birru akan memecah H2O2 menjadi H2O dan O2 dimana parameter yang menunjukkan adanya aktivitas katalase tersebut adalah adanya gelembung-gelembung oksigen seperti pada percobaan yang telah dilakukan. Indikator ini memiliki trayek pH 6,0 – 7,8 dengan perubahan warna kuning – biru.

  LOS RECONOCIMIENTOS WILLIAM GADDIS PDF

Semua jenis medium cair diberi tabung durham untuk menangkap gas yang terbentuk akibat hasil metabolisme sel bakteri. Uji Katalase Uji katalase bertujuan untuk mengetahui adanya enzim katalase yang dihasilkan oleh suatu bakteri untuk memecah H2O2 menjadi H2O dan O2.

Chemistry- Acid and Base by Gregorius Bangkit on Prezi

Pada larutan asam dan netral, fenolftalein tidak berwarna. Proses hidrolisa ini biasanya memecah suatu gula yang kompleks menjadi suatu susunan gula yang sederhana, untuk mendeteksi peristiwa ini dilakukan dengan cara pemberian iod.

Untuk pengamatan pola-pola pengunaan karbohidrat. Hasil positif ditandai dengan munculnya warna kuning dan merah. Fri Sep 25, 8: Kirimkan Ini lewat Email BlogThis!

Pergerakan bakteri ini terlihat dengan adanya pemisahan agar yang ditandai dengan adanya warna hitam. Reaksi fermentasi gula yaitu: Perbenihan indol digunakan untuk melihat kemampuan bakteri mendegradasi asam amino triptofan secara enzimatik. Bacillus subtillis jika diinokulasi dalam medium glukosa yaitu jika diinokulasi dalam medium glukosa dan sukrosa dapat membentuk gas, pada medium laktosa tidak dapat menghasilkan asam maupun gas.

Tergantung pada gula dan jenis bakterinya. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa adanya cincin pink pada medium hidrolisa yang ditambah dengan kafein baik pada Escherichia coli maupun Bacillus subtilis sehingga hasilnya positif dalam uji pembenukan indol. Bakteri tersangka Salmonella sp lereng media berwarna merah karena tidak memfermentasikan glukosa, H 2 S positif dan bisa negatif dan berbentuk gas.